30 June 2013

Kenali 5 Bunga yang Mekar di Malam Hari !!


Bagi para pecinta dan pemerhati flora mungkin sudah tidak asing lagi dengan bunga-bunga yang hanya mekar di malam hari, dan bahkan layu dalam beberapa jam kemudian. Kehadiran bunga-bunga yang cantik namun hanya mekar di waktu-wamtu tertentu bahkan menimbulkan berbagai dugaan mulai dari ilmu pengetahuan bahkan hingga ke sisi mistis. Berikut uniknya.com merangkum 5 bunga yang hanya mekar di malam hari:


1. Bunga Lily Casablanca
Bunga lili ataupun yang dikenal dengan bunga bakung di Indonesia, merupakan tanaman herbaceous yang memiliki kuncup bunga berbentuk menyerupai bola. Kebanyakan spesies bunga bakung ini tumbuh di belahan bumi bagian utara, meskipun penyebaranya hingga ke bagian bumi selatan dan beriklim subtropis. Diketahui bahwa bunga bakung ini memiliki 110 spesis yang tersebar di berbagai wilayah dunia.




Bunga bakung ataupun lily ini merupakan tanaman yang sering digunakan untuk menghiasi taman-taman bahkan keberadaannya pun diabadikan di berbagai karya sastra bahkan menjadi bagian dari sebuah kebudayaan. Bahkan di beberapa bagian wilayah, ada jenis bunga bakung yang dapat dikonsumsi.


2. Bunga Gladiol Malam
Bunga cantik yang satu ini dikenal dengan nama Gladiol (dari bahasa latin artinya pedang), merupakan tanaman bunga yang memiliki umur cukup panjang. Berasal dari Afrika Selatan dan menyebar di Asia sejak 2000 tahun. Tahun 1730 mulai memasuki daratan Eropa dan berkembang di Belanda. Tanaman gladiol yang termasuk subklas Monocotyledoneae, berakar serabut, dan tanaman ini membentuk pula akar kontraktil yang tumbuh pada saat pembentukan subang baru. Kelebihan dari bunga potong gladiol adalah kesegarannya dapat bertahan lama sekitar 5-10 hari dan dapat berbunga sepanjang waktu.

Tanaman gladiol akan berbunga sekitar 60-90 hari setelah tanam. Ukuran bunganya yang relatif besar membuatnya eye catching dan pantas dibeli. Gladiol juga kaya warna. Ada gladiol merah muda, putih bergaris ungu, oranye muda, oranye, kuning, gladiol dua warna, dan tentunya putih. Namun, Bunga gladiol tergolong bunga yang mudah kehilangan air (gladiol cepat layu). Meskipun begitu, kondisi tersebut masih dapat disiasati. Tentunya, teknik memanen yang benar juga harus diterapkan.

3. Bunga Bulan (Moon Flowers)
Masyarakat dunia lebih mengenalnya sebagai bunga bulan daripada Ipomoea Alba (famili convulvulus) yang merupakan tanaman asli daerah tropis dan subtropis di Amerika Utara dan Selatan. Di kawasan Amerika Serikat bunga ini terdapat di negara bagian Florida, dan kebanyakan tumbuh secara liar meskipun demikian tanaman ini dapat dibudidayakan. Di wilayah beriklim sejuk, bunga bunga bulan mekar secara musiman dan memerlukan perawatan khusus untuk dapat berbunga lebih cepat. Dan jika beruntung, bunga ini dapat tumbuh hingga 15 bahkan 19 kaki dengan lebar batang hingga enam inchi.


4. Bunga Bakung Air (Teratai)
Bunga malam lainnya yang tak kalah cantiknya adalah bakung air atau lebih dikenal dengan teratai. Bunga malam yang satu ini berwarna merah ataupun pink bahkan ada juga yang berwarna ungu. Bunga misterius yang satu ini mampu tumbuh dari 7 hingga 10 inchi tingginya, dan setiap bunganya memiliki 19-20 daun bunga, meski demikian aromanya cukup tajam.


5. Bunga Mawar Malam (Evening Primrose)
Bunga  Oenothera merupakan genus yang memiliki 125 spesies yang tersebar di berbagai wilayah, Amerika Utara dan Selatan. Dan yang satu ini berasal dari famili Onagraceae, yang kita kenal sebagai bunga mawar malam, selain suncup dan sundrops.Beberapa ukuran tanaman bunga ini  bervariasi dari yang terkecil yakni hanya memiliki tinggi 10 cm, Oenothera acaulis dari Chili, hingga Oenothera stubbeidari Meksiko yang dapat tumbuh hingga 3m.
Beberapa bunga rose malam ini mampu mekar sempurna dalam waktu kurang dari satu menit di malam hari, maka tidak  heran jika di dalam namanya pun terdapat kata malam. Warnanya bervariasi dari kuning, putih, ungin dan bahkan merah. Namun kebanyakan warna putih di dapatkan dari Oenothera yang tubuh di kawasan padang pasir.


0 comments:

Post a Comment

  • Blogger news

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
  • Statistik Traffic

  • Ping